Help Desk PPID KPU Surabaya, Optimalkan Pelayanan

Hupmas, KPU SURABAYA-KPU Surabaya selalu siap melayani permohonan informasi. Rabu (12/04/2017), help desk PPID Surabaya, Farid Hardianto, dengan sigap melayani Ade Ivan Al-Haroma, mahasiswa semester 8 (delapan) Program Studi S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Unesa.
Ade mendatangi KPU Surabaya untuk meminta informasi terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT) Penyandang Disabilitas di Kota Surabaya. Informasi yang diminta itu akan dipergunakan sebagai bahan penyusunan skripsi yang bertema Hak Politik Penyadang Disabilitas di Kota Surabaya. “Meski sudah ada regulasi yang mengatur tentang pemenuhan hak dan partisipasi kelompok disabilitas dalam politik, namun dalam pelaksanaannya hak penyandang disabilitas masih saja terabaikan. Inilah yang mendorong saya melakukan penelitian tentang hak politik bagi penyandang disabilitas,” ungkap Ade.
Sementara itu, terkait dengan pelayanan PPID KPU Surabaya, mahasiswa asli Nganjuk ini berharap pelayanan kepada pemohon informasi semakin ditingkatkan walaupun untuk sekarang sudah baik. Apalagi pemohon informasi ternyata tidak dipersulit. “Permohonan Informasi di KPU Surabaya sangat mudah, prosedurnya tidak ribet, tidak seperti yang kita bayangkan, sangat mudah, cukup dengan fotocopy identitas, menulis kegunaan informasi tersebut untuk apa, terlayani dengan baik kok. Nggak ribet ,” ucap Ade.
Nur Syamsi selaku Ketua KPU Surabaya pun memberikan tanggapan terkait permohonan informasi yang diajukan. “Optimalisasi pelayanan, adalah komitmen PPID KPU Surabaya untuk pelayanan publik, agar pemohon informasi terlayani dengan sebaik-baiknya, tentunya ada prosedur yang harus dipatuhi, misalkan, fotocopy identitas pemohon, kegunaan informasi tersebut untuk apa, harus mengisi form yang sudah disediakan, pasti terlayani dengan baik oleh petugas Desk Pelayanan PPID”, tutur Pak Syamsi. (cha)